- Back to Home »
- Pengertian Produk Baru
Posted by : ,
Jumat, 21 Juli 2017
- Pengertian Produk Baru
produk baru merupakan barang dan jasa yang pada dasarnya berbeda dari yang telah dipasarkan sebelumnya oleh perusahaan. Pengembangan produk baru (new product development) adalah proses pencarian gagasan untuk barang dan jasa baru dan mengkonversikannya ke dalam tambahan lini produk yang berhasil secara komersial.
Produk baru mencakup dari produk baru di dunia (new-to-the-world products) yang menciptakan pasar yang baru, pengembangan minor pada produk, maupun revisi pada produk yang ada (Kotler, 2009). Booz, Allen & Hamilton dalam Kotler (2000) mengidentifikasi bahwa terdapat enam kategori produk baru, yaitu:
1. Produk baru dengan penciptaan pasar yang baru (new to the world products)
2. produk baru dengan pertama kali memasuki pasar yang sudah ada untuk produk semacam (new product lines)
3. produk baru hasil modifikasi produk lama (additions to existing product lines)
4. produk baru untuk menggantikan produk yang ada untuk meningkatkan kinerja dan nilai (improvements and revisions to existing products)
5. produk yang ada yang ditargetkan untuk pasar baru atau segmen baru (repositionings)
6. produk baru dengan harga lebih rendah (cost reductions).
1. Produk baru dengan penciptaan pasar yang baru (new to the world products)
2. produk baru dengan pertama kali memasuki pasar yang sudah ada untuk produk semacam (new product lines)
3. produk baru hasil modifikasi produk lama (additions to existing product lines)
4. produk baru untuk menggantikan produk yang ada untuk meningkatkan kinerja dan nilai (improvements and revisions to existing products)
5. produk yang ada yang ditargetkan untuk pasar baru atau segmen baru (repositionings)
6. produk baru dengan harga lebih rendah (cost reductions).
Menurut Cooper (2001), dua kategori produk baru yang paling populer di kalangan perusahaan adalah lini produk baru (new product lines) dan perbaikan pada produk yang sudah ada (improvements in revisions to existing products). Produk yang baru bagi dunia (new products to the world) dan lini produk baru bagi perusahaan (new product lines) hanya berkontribusi 30% dari semua produk yang dipasarkan, tetapi merepresentasikan 60% sebagai produk yang dipandang paling berhasil.
Gambar 1. Kategori Produk Baru
Sumber: Cooper, 2001
Dari berbagai macam jenis produk baru tersebut tentu sebagai tujuan akhirnya adalah dipergunakannya produk tersebut oleh konsumen. Semakin banyak dan semakin seringnya produk tersebut digunakan tentunya juga akan menunjukkan berhasilnya penyebaran informasi yang berkaitan dengan produk baru tersebut.
- Semoga bermanfaat :D